Inilah Keindahan Kerajinan Khas Gresik yang Dikenal Dunia

Gresik adalah salah satu kota kecil di Jawa Timur. Mungkin benar pamor kota Gresik masih jauh kalah jika dibandingkan dengan kota Surabaya dan Malang. Tetapi jangan meremehkan kota ini. Walaupun kecil dan masih kurang populer tapi menyimpan ciri khasnya sendiri yang menjadi identitas kota. Jika berkunjung ke Gresik, Anda akan disuguhi dengan kerajinan khas Gresik yang bisa dibeli dan dijadikan hiasan di rumah.

Kerajinan Khas Kota Gresik


Kerajinan Tangan Khas Gresik

Ada berbagai macam kerajinan khas Gresik yang sangat menarik. Wisatawan yang berkunjung bisa memilih sendiri mana yang ingin dibeli. Semua kerajinan tersebut merupakan buatan tangan jadi dijamin kualitas dan keasliannya. Kalau soal harga pasti masih aman untuk kantong. Kerajinan Gresik yang bisa dibeli untuk oleh-oleh adalah sebagai berikut.


  • 1.Damar Kurung

Damar kurung merupakan sebutan untuk lampu lampion khas Gresik. Lampion ini merupakan lambang kota Gresik. Lampion dibuat dari bahan kertas dan diberi berbagai hiasan berupa gambar. Yang menarik adalah gambar pada kertas lampion dilukis dengan tangan. Itulah sebabnya, setiap pengrajin hanya bisa membuat sedikit damar kurung mengingat kerumitan saat proses pembuatannya.


  • 2.Rebana

Gresik adalah kota kecil dengan seribu masjid. Bahkan di sana juga berdiri banyak pesantren sehingga disebut dengan kota santri. Karena itulah kota tersebut menghasilkan rebana sebagai salah satu kerajinannya. Di pesantren biasanya ada kegiatan rebana sebagai kegiatan bermusik. Tetapi dengan berkembangnya zaman, banyak wisatawan yang meminta kerajinan khas Gresik sebagai buah tangan untuk orang tercinta. Salah satu wilayah di Gresik yang menghasilkan rebana adalah Dusun Kaliwot. Kualitas rebana dari daerah tersebut tidak perlu diragukan lagi. Rebana mampu bertahan puluhan tahun tanpa adanya penurunan kualitas suara. Tak salah memang, karena pengrajin dari Dusun Kaliwot menggunakan kulit domba atau sapi yang bagus dan kayu yang dipakai juga kayu yang benar-benar tua dan kering.


  • 3.Songkok

Kerajinan khas Gresik lainnya adalah songkok atau peci. Disebut songkok karena mempunyai bentuk yang lonjong. Wilayah yang menghasilkan songkok adalah daerah Bungah. Songkok berwarna hitam dan polos tetapi untuk saat ini sudah dimodifikasi dengan bordir supaya tampak lebih menarik. Bahan untuk membuat songkok adalah beludru jadi jika Anda mempunyai songkok jangan dicuci karena bisa rusak. Cukup dengan disikat dengan sikat khusus saja pasti sudah bersih. Songkok Gresik sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah merambah pasaran internasional. 


  • 4.Kerajinan Kaca

Masih dari Bungah Gresik. Selain songkok ternyata Bungah juga menghasilkan kerajinan lain seperti kerajinan kaca. Wisatawan bisa membeli berbagai jenis kaca yang dibuat dan dibentuk sedemikian rupa. Ada yang dibentuk menjadi pagoda, rumah, atau berbagai hiasan meja dengan logo klub sepak bola internasional kesayangan.


  • 5.Glass Painting 

Glass painting atau seni lukis berbahan kaca merupakan kerajinan lainnya. Uniknya, untuk melukis bukan kuas yang dipakai melainkan tusuk sate. Daerah yang menghasilkan glass panting ini adalah penduduk di Desa Kramatinggil, Gresik. Kerajinan ini sangat ramah lingkungan karena memanfaatkan limbah gelas yang sudah tidak terpakai. Harga jualnya berbeda-beda. Semakin rumit motif yang digambar maka semakin mahal harganya.


Walaupun merupakan sebuah kota kecil, tidak membuat Gresik redup di mata dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya kerajinan khas Gresik. Jika Anda berkunjung, jangan lupa membeli kerajinan tangan tersebut. Walaupun berharga murah tetapi soal kualitas tidak kalah dengan barang yang diproduksi secara industri.


#sumber gambar : IG @ powerartsmam1

Add comment

The author will be very pleased to hear feedback about your news.

reload, if the code cannot be seen

Comments 0