Taman Wisata Mangrove Desa Banyuurip Ujungpangkah, Destinasi Wisata Baru Di Gresik

Beginilah kalau masyarakat hidup guyub rukun. Contoh rielnya ditunjukkan oleh warga dan para nelayan yang tinggal di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur. Bermula untuk tujuan menghindari parahnya abrasi yang terjadi, mereka bekerja sama untuk bertanam pohon mangrove yang sudah dilakukan sejak 18 tahun-an yang lalu.

Dan tak disangka, ternyata keberadaan hutan mangrove ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk menyaksikan eksotisme pohon mangrove dan menjadikan hutan ini destinasi wisata terbaru bagi kota pudak Gresik. Tak hanya itu, para pengunjung pun bisa menyaksikan keelokan pohon cemara yang juga ditanam di kanan dan kiri jalan masuk area menuju kawasan hutan mangrove. Disini pun juga disediakan area khusus untuk pembibitan pohon cemara dan mangrove yang hingga kini total berjumlah 60 ribu bibit yang dibudidayakan. Para pengunjung bisa menikmati keindahan kawasan ini dengan cukup aman karena pihak pengelola menyediakan jalan setapak terbuat dari kayu sembari melihat aneka perahu nelayan yang bersandar berjajar di area pantai hutan ini.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa beraktivitas olah raga dengan jogging track dengan lintasan sepanjang 250 meter yang tersedia di lokasi wisata. Setelah lelah beraktivitas olah raga ataupun menikmati keindahan alam hutan, pengunjung pun bisa menikmati makanan dan minuman di 3 unit gazebo yang juga sudah ada di area wisata ini.

Dengan luas lahan total sekitar 2 hektar, hutan mangrove Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur pada hari libur biasanya dikunjungi para wisatawan hingga 600 ratus-an orang bahkan pada saat hari raya idul fitri bisa mencapai kisaran 1700-an.

Dengan tiket masuk dibanderol seharga 10 ribuan per kepala, lokasi Taman Wisata Mangrove di Desa Banyuurip bisa Anda kunjungi setiap hari mulai jam enam pagi hingga jam 5 sore. Bagi Anda yang tertarik berlibur ke hutan ini bisa menggunakan jalur utara sama seperti menuju ke tempat Wisata Pasir Putih Dalegan yang sudah ada lebih dahulu.

#sumber : usionews.xyz

Add comment

The author will be very pleased to hear feedback about your news.

reload, if the code cannot be seen

Comments 0