Beberapa Fakta Sejarah Kota Gresik

Setiap kota memiliki sejarah. Sejarah merupakan salah satu catatan yang terjadi di masa lalu. Dengan adanya catatan sejarah membuat orang-orang bisa mengenang dan belajar dari peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi tersebut. Salah satu kota yang memiliki sejarah panjang adalah Kota Gresik. Kota Gresik merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Gresik memiliki luas wilayah 1.191,25 km. Ada beberapa fakta sejarah Kota Gresik yang bisa dipelajari mengingat bahwa kota ini memiliki letak yang sangat strategis sehingga mengamali berbagai macam peristiwa di masa lalu.

3 Fakta Sejarah Kota Gresik


Sebagai salah satu kota di Indonesia, Gresik tentunya memiliki banyak sejarah baik sebelum ataupun sesudah penjajahan bangsa asing. Beberapa  fakta sejarah Kota Gresik ditandai dengan adanya peninggalan-peninggalan dan catatan kuno yang dimiliki kota itu. Dibawah ini adalah beberapa peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Kota Gresik, yaitu :

  • 1.Asal Usul Nama Kota Gresik

Sebagai sebuah kota yang dikunjungi banyak pedagang dari berbagai macam wilayah membuat kota ini memiliki banyak nama panggilan yang berbeda dari berbagai negara yaitu Cina “Tse Tsun” (perkampungan kotor), Portugis “AGACE”, dan Belanda “GRISSEE”. Lalu, Gresik juga dikenal dengan nama Tandes yang merupakan sebuah istilah pengganti di dalam kesusastraan Jawa. Ada beberapa pendapat juga mengenai asal usul nama Gresik. Menurut Solihin Salam nama Gresik berasal dari “GIRI-ISA” atau “GIRI-NATA” yang artinya raja bukit. Arti ini mengacu pada penguasa giri. Sedangkan J.A.B Wisselius mengatakan Kota Gresik sebelumnya bernama “Gerwarase” yang kemudian dikenal hingga tahun 1720 M. Pendapat lain mengatakan bahwa nama Gresik berasal dari “GIRI-GISIK” yang artinya tanah di tepi laut atau pesisir.

  • 2.Pusat Perdagangan Teramai

Fakta sejarah Kota Gresik selanjutnya yakni peran Gresik sebagai pusat dagang teramai pada saat itu. Letaknya yang berdekatan dengan pantai membuat kota ini dikenal sebagai pusat perdagangan pada abad ke 11. Perdagangan ini meluas ke berbagai negara seperti Arab, Cina, Kalkuta, Bengali, Siam dan lainnya. Dengan adanya aktivitas perdagangan antar negara membuat kota Gresik menjadi salah satu pelabuhan utama pada abad ke 14. Kota Gresik juga menjadi salah satu kota dagang yang dianggap penting dan menjadi tempat persinggahan kapal-kapal Maluku yang menuju ke Sumatera dan daratan Asia.

  • 3.Pintu Masuk Islam di Jawa

Fakta sejarah Kota Gresik lainnya yaitu pintu masuk penyebaran agama Islam di Jawa. Terkenal dengan pusat perdagangan membuat Kota Gresik banyak dimasuki oleh pendatang-pendatang yang akan berdagang maupun menyebarkan agama salah satunya penyebar agama Islam. Hal itu membuat kota Gresik disebut sebagai Kota Wali karena merupakan pintu masuk Islam di Jawa. Hal ini ditandai dengan adanya makam Islam kuno Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Fatimah Binti Maimun. Syekh Maulana Malik Ibrahim merupakan salah satu dari sembilan wali atau Wali Songo yang merupakan penyebar agama Islam pertama di Jawa Timur yang dimakamkan yang dimakamkan di kampung Gapura Gresik.


Penjelasan di atas merupakan beberapa contoh dari fakta sejarah Kota Gresik. Dengan mengetahui sejarah, Anda bisa memperkaya ilmu pengetahuan dan lebih mencintai negara Indonesia. Selain itu, dari sejarah Anda juga bisa banyak belajar dari kejadian-kejadian di masa lalu sehingga dapat lebih menghargai jasa-jasa pejuang dalam mempertahankan dan memperjuangkan negara Indonesia. Sejarah juga dapat memperkuat kecintaan masyarakat terhadap negara sendiri dan apa yang ada di dalamnya.

#Foto diambil dari Thesis Leonard Rowe, Ian

Add comment

The author will be very pleased to hear feedback about your news.

reload, if the code cannot be seen

Comments 0