Lezatnya Bandeng Sambal Dabu-dabu ala Kota Gresik


Selain dikenal sebagai buminya para wali, Gresik juga populer sebagai kota penghasil ikan bandeng yang berkualitas hingga tak heran ada tradisi pasar bandeng yang rutin diadakan tiap malam 27 ramadhan di kota ini.

Nah bagi penggemar olahan ikan bandeng, sekarang Anda bisa menikmati menu masakan "Bandeng Sambal Dabu-dabu" untuk ikan yang bernama latin Chanos chanos ini. Sebenarnya untuk proses pengolahannya sendiri, Bandeng Sambal Dabu-dabu ini mirip dengan pembuatan kuliner asal Gresik yang sudah dikenal terlebih dahulu yakni otak-otak bandeng.

Ikan bandeng yang fresh dikeluarkan terlebih dahulu dagingnya untuk membuang duri ikan, kemudian dicampur dengan bahan bumbu rempah-rempah dan tepung tapioka, lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan bandeng tadi dan dikukus kurang lebih lima belas menit sebelum digoreng untuk disajikan bersama sambal dabu-dabu, sambal yang terbuat dari cacahan halus bawang merah, tomat, cabe rawit, cabai merah, dan cabe hijau.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan aroma natural dari ikan bandeng ini, karena proses pengolahannya tidak menggunakan presto sehingga rasa asli dari daging ikan bandeng ini masih terasa.

Dalam penyajiannya, Anda bisa mengkombinasikannya dengan memberikan alas dari kacang panjang yang telah dibelah menjadi dua, lalu lumuri bagian atas dari kacang panjang dengan sambal terasi dan letakkan ikan bandeng yang telah diiris menjadi empat bagian diatasnya.

#sumber : jawapos.com

Add comment

The author will be very pleased to hear feedback about your news.

reload, if the code cannot be seen

Comments 0